Tutorial Instalasi Proxmox VE 7.1

silver laptop computer beside white smartphone on brown wooden table
Photo by Tranmautritam on Pexels.com

Proxmox VE merupakan sebuah solusi virtualisasi yang cukup powerful. Saya sudah menggunakan Proxmox VE (Virtual Environment) sejak 5 tahun lalu. Bagi kalian yang ingin membangun home labs sendiri, atau mungkin ingin membangun server virtualisasi di kantor kalian, Proxmox VE adalah pilihan yang tepat. Proxmox VE dibangun berbasiskan Debian Linux dan merupakan hypervisor type 1 alias Bare metal hypervisor. Lalu apa bedanya Proxmox dengan VirtualBox atau VMware Workstation?

Proxmox (hypervisor type 1) berjalan diatas physical host machine dan memiliki akses secara langsung ke hardware kita (prosesor, memory maupun graphic card). Sedangkan VMware Workstation dan VirtualBox merupakan hypervisor type 2 dimana software virtualisasi ini diinstall di dalam sebuah OS yang sudah ada, seperti Windows maupun Linux desktop. Jadi secara performa, hypervisor type 1 akan jauh lebih bertenaga dibanding dengan type 2. Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi link ini.

Salah satu fitur yang sangat saya suka dari Proxmox ini adalah fitur PCI E Passthrough. Dengan fitur ini, kita bisa mengalokasikan resource dari device PCI Express kita, seperti VGA card, ke dalam virtual machine kita. Sehingga, virtual machine tersebut akan memiliki performa grafis/3D yang hampir sama dengan native PC. Menarik bukan? Nah di artikel ini kita akan belajar bagaimana cara install Proxmox VE 7.1 di sebuah PC.

System Requirements

  • Intel CPU dengan EMT64 atau AMD CPU dengan Intel VT/AMD-V flag. Generasi baru seperti Intel Core dan AMD FX serta Ryzen support fitur ini.
  • RAM 2 GB. Tetapi saya sarankan untuk menggunakan RAM 16 GB atau lebih jika kalian berencana menjalankan 2 buah virtual machine atau lebih bersamaan.

Untuk spesifikasi lengkap, silahkan kunjungi website resmi Proxmox.

Langkah Install Proxmox di PC/Server

Ada beberapa langkah utama dalam proses instalasi Proxmox di PC. Kita akan memerlukan sebuah flash disk 4 GB atau lebih, sebuah PC. Pastikan PC anda terhubung ke jaringan lokal serta backup semua data di hard disk kalian karena proses instalasi Proxmox akan menghapus semua isi hard disk kita.

Langkah 1. Download Proxmox VE ISO

Pertama kita perlu download Proxmox ISO terlebih dahulu. Silahkan download versi terbaru Proxmox VE ISO dari link di bawah ini.

https://www.proxmox.com/en/downloads/category/iso-images-pve

Langkah 2. Membuat USB Installer

Jika kalian menggunakan Windows, kalian bisa menggunakan software Rufus untuk membuat USB installer Proxmox ini. Download Rufus dari link di bawah ini

https://rufus.ie/en/

Kemudian masukkan USB flash disk kalian ke salah satu USB port di komputer kalian. Selanjutnya, buka Rufus.

Pilih USB flash disk kalian di bagian Device. Jangan sampai salah pilih karena proses ini akan memformat USB flash disk kalian. Selanjutnya pilih Proxmox ISO yang sudah kita download. Tekan Start untuk memulai proses. Pada pilihan dibawah, pilih Write in DD Image mode. Jangan gunakan yang opsi pertama.

Langkah 3. Install Proxmox

Setelah selesai membuat USB installer, boot PC kita dengan USB Flash disk ini. Ubah setting di boot priority agar boot menggunakan USB flash disk. Pada menu awal, silahkan pilih Install Proxmox VE

Selanjutnya klik Agree

Kemudian pilih hard disk yang akan kita gunakan untuk menginstall Proxmox. Pastikan tidak ada data penting di dalam hard disk ini.

Kemudian pilih Location dan Time Zone

Buat password baru untuk user root dan email untuk administrasi

Terakhir setting network. Saran saya, gunakan static IP untuk memudahkan dalam me-manage Proxmox server ke depan nya.

Cek kembali settings anda

Tekan Install dan tunggu sampe proses selesai

Setelah proses instalasi selesai, Proxmox akan melakukan reboot. Kemudian, kalian bisa lihat informasi untuk mengakses web management console Proxmox, seperti terlihat di gambar diatas.

Dari komputer lain di network buka sebuah web browser dan ketikkan alamat Proxmox server yang tertera di halaman login Proxmox server kalian. Dalam contoh saya:

https://192.168.0.93:8006

Gunakan password yang kita buat pada saat proses instalasi Proxmox.

Dan sekarang Proxmox sudah siap untuk digunakan

Demikian tadi proses instalasi Proxmox VE di PC. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Exit mobile version