Tue. Feb 27th, 2024
globe on sandPhoto by Porapak Apichodilok on <a href="https://www.pexels.com/photo/globe-on-sand-346696/" rel="nofollow">Pexels.com</a>

Di artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara ekspor shapefiles ke geodatabase di ArcGIS Pro. Seperti yang kita ketahui, file geodatabase merupakan sebuah spasial database yang powerful. Dengan geodatabase, kita bisa memiliki sebuah database terpusat yang akan mempermudah kita untuk mengatur data spasial kita. Selain itu, ada keterbatasan yang dimiliki oleh shapefile (.shp). Shapefile hanya mendukung maksimal 10 karakter untuk nama kolom (field name). Hal ini tentunya sangat merepotkan apabila nama kolom tabel kita lebih dari 10 karakter. Nah, masalah ini tidak ada lagi kalau kita menggunakan geodatabase.

Untuk mengekspor shapefile ke geodatabase, ada beberapa cara.

Cara yang pertama adalah dengan ekspor layer ke geodatabase. Buka layer/shapefile di Map, kemudian klik kanan layer tersebut dan pilih Data | Export Features.

Selanjutnya, pilih geodatabase dan beri nama untuk layer tersebut

Klik OK untuk memulai proses ekspor.

Cara kedua adalah dengan mengimpor langsung dari file geodatabase. Caranya, klik kanan file geodatabase tujuan kalian, lalu pilih Import | Feature Class.

Masukkan Input Features, dan Output Name yang kita inginkan. Klik OK dan proses import akan dimulai. Demikian proses export shapefiles ke file geodatabase. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.