Tue. Sep 27th, 2022

Selamat datang di tutorial Leapfrog Geo untuk pemula. Di artikel sebelumnya kita sudah belajar cara membuat sebuah project baru di Leapfrog Geo. Sekarang kita akan belajar cara georeferensi peta di Leapfrog Geo. Agar sebuah peta/image bisa kita gunakan di LF, maka kita perlu memberikan informasi spasial kepada image atau peta tersebut. Cara ini biasa dikenal dengan georeferensi peta. Untuk melakukan georeferensi peta di Leapfrog Geo, kita memerlukan 3 buah titik bantu (control points).

Langkah Georeferensi Peta di Leapfrog Geo

Yang pertama tentunya buka project kalian atau bikin project baru kalau belum punya ya. Kemudian, klik kanan di GIS Data, Maps and Photos, lalu pilih Import Map. Selanjutnya, tinggal pilih peta atau gambar yang mau di georeferensi. Seperti terlihat di gambar berikut ini, ada 3 titik bantu yang harus kita sesuaikan dengan koordinat yang ada di peta.

Silahkan geser dan letakkan ketiga titik tersebut di koordinat yang sudah kita ketahui. Setelah itu, tinggal masukkan koordinat untuk ketiga titik kontrol tersebut.

Langkah terakhir tinggal klik Import. Selesai.

Lalu bagaimana cara menampilkan peta yang sudah kita georeferensi di Leapfrog Geo? Untuk menampilkan peta tadi, tinggal drag and drop saja ke scene. Untuk menempelkan peta di topography, kalian harus buka terlebih dahulu Topography ke scene kalian. Kemudian, di bagian GIS data, silahkan pilih Map and Photo kemudian pilih peta kalian tadi.

Demikian tutorial Leapfrog Geo kali ini. Semoga bermanfaat. Jika kalian ingin belajar Leapfrog Geo, silahkan bookmark blog ini karena kedepan saya akan lebih banyak menulis tentang Leapfrog Geo dan juga software menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.