Tue. Sep 27th, 2022

Apakah kalian ingin mencoba install macOS di PC kalian? Ya, bagi kalian yang belum tahu, dengan beberapa syarat, kita bisa menginstall macOS di PC. Hal ini biasa dikenal dengan Hackintosh, yaitu menginstall macOS di non-Apple hardware. Untuk dapat menginstall Hackintosh di PC kalian, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat USB installer. Di artikel ini, kita akan coba membuat USB installer macOS Monterey di Ubuntu 22.04.

Perlu dicatat, ini bukan panduan lengkap Hackintosh. Disini hanya akan dijelaskan proses membuat USB installer saja. Untuk dapat menginstall Hackintosh, masih ada banyak langkah yang harus dilakukan.

Cara membuat USB Installer macOS Monterey di Ubuntu 22.04

Langkah 1. Download macOS Monterey Image

Untuk membuat USB Installer macOS Monterey ini, yang pertama kita perlu download macOS Monterey image. Saya akan menggunakan versi Olarila. Jangan khawatir, versi macOS Monterey ini adalah Vanilla image. Tidak ada tambahan software atau modifikasi yang berbahaya. Ukuran file yang akan kita download adalah sebesar 14 GB. Pastikan koneksi internet kalian lancar.

Download macOS Monterey Installer

Link Alternative

Setelah download selesai, kalian akan mendapatkan sebuah file dengan nama: Olarila Monterey 12.4.raw.

Langkah 2. Install Balena Etcher

Kita perlu Balena Etcher untuk membuat USB Installer macOS Monterey ini. Jika kalian belum punya, kalian bisa ikuti cara install Balena Etcher di Ubuntu 22.04.

Langkah 3. Membuat USB Installer

Sekarang kita sudah bisa mulai membuat USB installer macOS Monterey. Masukkan sebuah USB flash disk ke salah satu port USB di PC kalian. Pastikan ukuran flash disk kalian minimal 16 GB.

Jalankan Etcher kemudian klik Flash from File dan pilih file larila Monterey 12.4.raw yang sudah kita download di langkah pertama tadi.

Selanjutnya klik Select target dan pilih USB flash disk kalian.

Selanjutnya klik Flash untuk mulai membuat USB installer macOS. Tunggu sampai proses selesai.

Demikian tadi proses membuat USB installer macOS Monterey di Ubuntu 22.04.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.