Tue. Sep 27th, 2022

Halo teman-teman, selamat datang di blog saya. Kali ini kita akan sedikit membahas trik sederhana bagi kalian pengguna macOS. Disini saya akan jelaskan bagaimana cara konek ke Samba shared folder dari sebuah macOS. Mungkin di rumah atau di tempat kerja kalian terdapat sebuah file server dan kebetulan kalian pengguna Mac ingin terhubung ke file server tersebut. Samba file server umum digunakan di server Linux dimana pengguna bisa berbagi file dan folder dengan pengguna lain di jaringan yang sama.

Samba server mendukung beragam klien seperti Windows, macOS, Linux, Android dan lainnya. Nah, kalau kalian menggunakan macOS, ikuti cara berikut agar bisa terhubung ke Samba server di jaringan kalian.

Yang pertama, pastikan kalian memiliki akses ke file server di jaringan kalian. Untuk bisa terhubung kalian perlu sebuah username dan password untuk masuk ke file server dan tentunya IP address dari server kalian. Kemudian, buka Finder di macOS. Dari menu Finder, klik Go | Connect to Server.

Selanjutnya, tulis alamat file server kalian dengan format sebagai berikut:

smb://192.168.0.100

Ganti IP address diatas dengan IP address file server kalian.

Klik Connect untuk mulai menghubungkan ke server kalian. Kalian juga bisa menambakan alamat tersebut ke Favorit. Caranya klik tanda + dibagian kiri bawah. Sekarang pilih Registered User, masukkan username dan password kalian. User dan password disini adalah user kalian untuk mengakses file server. Kemungkinan user ini berbeda dengan user macOS kalian.

Apabila kalian sudah terhubung ke server, kalian akan bisa melihat daftar shared folder yang bisa kalian akses.

Silahkan pilih folder nya dan tekan OK. Sekarang kalian bisa mengakses file server kalian dengan leluasa dari macOS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.