Cara Membuat Windows 11 USB Installer

silver imac turned on
Photo by Vera Cires on Pexels.com

Selamat datang di V-tech.id. Di kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat Windows 11 USB Installer. Jika kalian ingin install ulang komputer kalian dan upgrade ke Windows 11, mungkin artikel ini akan membantu. Kita akan membuat installer untuk Windows 11 versi terbaru. Windows 11 versi 22H2 datang dengan beragam fitur baru. Versi ini sangat nyaman untuk digunakan dan bisa dibilang banyak update dibandingkan Windows 10 atau bahkan Windows 11 versi sebelumnya.

Langkah Membuat Windows 11 USB Installer

Sebelum kita membuat installer nya, ada baiknya kalian melakukan cek terlebih dahulu apakah spesifikasi PC atau laptop kalian sudah mendukung Windows 11. Untuk itu, silahkan cek ke halaman di bawah ini.

https://www.microsoft.com/en-us/windows/windows-11-specifications

Langkah 1. Download Windows 11

Cara Pertama

Ada dua cara untuk mengunduh Windows 11. Cara yang pertama adalah mengunduh secara langsung file ISO Windows 11. Kalian bisa download file ISO tersebut dari link di bawah ini. Kalian perlu memilih bahasa dan beberapa pilihan lain sebelum bisa mengunduh file ISO.

Download Windows 11 (microsoft.com)

Cara kedua

Saya pribadi lebih memilih cara kedua ini untuk mengunduh Windows 11 installer, yaitu menggunakan Windows media creation tool. Program ini akan mengunduh installer Windows 11 dari internet kemudian langsung meng-copy ke flash disk kita. Atau kita juga bisa memilih untuk menyimpan sebagai file ISO.

Download the Windows 11 Media Creation Tool

Jalankan program tersebut kemudian

https://v-tech.id/wp-content/uploads/2022/11/Create-Windows-11-Install-Iso-small.mp4

Langkah 2. Membuat USB Installer

Download Rufus kemudian masukkan USB flash disk ke port USB dan jalankan rufus.

Pilih USB flash disk kalian di bagian Device. Kemudian, pilih file ISO yang sudah kita download sebelumnya. Untuk setting yang lain, biarkan default saja kecuali kalian memang ingin mengubah. Klik Start dan tunggu sampai proses selesai.

Selanjutnya tinggal boot PC kalian menggunakan USB flash disk ini. Pastikan boot order di BIOS kalian yang boot pertama adalah USB flash disk. Sekarang tinggal lanjut proses instalasi Windows 11. Selamat mencoba.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Exit mobile version