Tue. Feb 27th, 2024
silver imac turned onPhoto by Vera Cires on <a href="https://www.pexels.com/photo/silver-imac-turned-on-41227/" rel="nofollow">Pexels.com</a>

Untuk dapat menginstall Windows 11 di Mac M1 dan M2, kita harus menggunakan UTM atau Parallels. Di Parallels kita dapat menginstall Windows 11 secara langsung tanpa perlu file ISO. Namun, bagi kalian yang ingin mengunduh file ISO Windows 11 ARM, kalian bisa ikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan berikut ini. Meski Windows 11 ini dapat berjalan di Mac M1 dan M2 dengan sangat baik, namun ada beberapa kekurangan diantaranya:

  • Fitur Windows Fax dan Scan tidak dapat digunakan
  • Beragam game yang menggunakan OpenGL versi 3.4 tidak dapat berjalan kecuali developer game tersebut sudah mengembangkan driver khusus untuk game tersebut.
  • Beragam device yang belum bisa berjalan karena belum tersedianya driver khusus untuk ARM

Langkah Download Windows 11 ARM ISO

Untuk mengunduh Windows 11 ARM, silahkan kunjungi website berikut ini

https://uupdump.net

Silahkan pilih ARM64 di bagian Architecture. Saran saya untuk memilih Latest Public Release build.

Selanjutnya pilih versi Windows 11 yang terdapat di halaman tersebut. Pada saat tulisan ini dibuat, versi terbaru Public Release Windows 11 adalah versi 22H2.

Selanjutnya pilih bahasa

Tekan Next dan pilih Windows edition yang ingin di download

Terakhir, pilih Download and covert to ISO di bagian Download method.

Klik Create download package untuk mulai mengunduh paket installer. Kita masih harus menjalankan script untuk download and convert menjadi file ISO. Setelah download, kita akan mendapatkan sebuah folder dengan nama sesuai versi Windows. Misalnya, 22621. Di dalam folder tersebut terdapat beberapa file seperti dibawah ini

Langkah selanjutnya adalah menjalankan program/script yang ada di folder tersebut sesuai dengan OS yang kita gunakan. Dalam contoh ini, saya menggunakan macOS Ventura. Untuk itu, saya akan menjalankan script uup_download_macos.sh.

Buka Terminal dan masuk ke folder tersebut dan kemudian jalankan script uup_download_macos.sh.

cd /Downloads/22621
sudo chmod +x uup_download_macos.sh
./uup_download_macos.sh

Tunggu sampai proses download dan konversi ISO selesai. Kemudian, jika semua berjalan lancar, kita akan memiliki sebuah file ISO didalam folder tersebut.

Paket yang diperlukan agar script bisa berjalan sebagaimana mestinya:

Demikian tadi cara download Windows 11 ISO ARM untuk Apple M1 dan M2. Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan.

One thought on “Cara Download Windows 11 ARM ISO Untuk Apple M1 dan M2”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.