Tue. Jan 31st, 2023

Di artike sebelumnya, saya sudah tunjukkan bagaimana cara install TrueNAS dan cara menambahkan hard disk ke TrueNAS. Nah sekarang, kita akan lanjut tutorial TrueNAS kita dengan membuat Samba File Server. Dengan Samba server ini, kita bisa berbagi file dan folder dengan komputer lain di jaringan kita. Caranya cukup mudah dan TrueNAS sudah sangat populer dalam hal ini.

Langkah Membangun Samba File Server Menggunakan TrueNAS SCALE

Saya asumsikan anda sudah memiliki TrueNAS yang berjalan di PC atau server dan juga sudah ada hard disk untuk kita jadikan storage untuk data kita.

Langkah 1. Membuat Pool

Secara definisi, Pool merupakan virtual device yang dapat terdiri dari satu atau lebih device dalam sistem ZFS. Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian kunjungi website berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ZFS Pool.

ZFS Essentials – What is Pooled Data Storage?

Untuk membuat Pool baru di TrueNAS, ikuti langkah berikut. Saya memiliki 2 buah hard disk tambahan di TrueNAS server saya.

Sampai disini, kita sudah memiliki sebuah Pool.

Langkah 2. Membuat Sambar User dan Group

Selanjutnya, kita perlu membuat Samba User dan Samba Group di TrueNAS. Samba user ini nantinya bisa login ke server dan bisa mengakses Samba share folder dari jaringan. Pertama kita akan membuat grup baru dengan nama “jaringan”. Kalian bisa mengganti dengan nama lain sesuai keinginan kalian. Caranya, masuk ke menu Credential | Local Groups. Selanjutnya klik Add dan masukkan nama grup yang ingin dibua.

Jangan lupa untuk mengaktifkan pilihan Samba Authentication. Klik Save.

Membuat User baru

Untuk membuat user baru, masuk ke Credentials | Local Users. Klik Add dan masukkan nama user yang ingin dibuat. Ikuti contoh di video ini untuk membuat sebuah samba user baru.

Langkah 3. Membuat Share Folder

Sekarang kita akan lanjut untuk membuat sebuah share folder baru. Folder ini nantinya akan bisa diakses oleh pengguna dari komputer lain di jaringan/LAN. Caranya, masuk ke bagian Storage dan buat sebuah Dataset baru di dalam Pool kita.

Jangan lupa untuk mengatur Permission nya. Pastikan grup yang tadi kita buat memiliki akses penuh ke folder atau dataset ini.

Selanjutnya, kita akan membuat sebuah Samba share. Caranya, masuk ke menu Shares. Klik Add di bagian Windows (SMB) Shares.

Selanjutnya pastikan service Samba sudah Enable.

samba service

Langkah 4. Cara konek ke Samba Share dari Windows 11

Setelah kita selesai konfigurasi Samba server dan Samba share, sekarang kita akan coba konek ke Samba share dari Windows 11. Silahkan buka File Explorer kemudian ketikkan alamat berikut di File Explorer.

\\192.168.100.100

Ganti alamat IP dengan TrueNAS server kalian. Selanjutnya, kita akan diminta memasukkan user dan password. Silahkan gunakan user dan password yang sudah kita buat di langkah sebelumnya.

Seharusnya sekarang kalian bisa melihat daftar folder yang di share di Samba server kita. Contoh:

Demikian tadi cara membuat Samba server menggunakan TrueNAS SCALE. Mudah-mudahan bermanfaat, sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.