Wed. Feb 1st, 2023

Bagi sebagian orang, bisa menginstall macOS di PC adalah sebuah pencapaian yang sangat memuaskan. Ada banyak cara dan kendala untuk dapat merasakan macOS berjalan mulus di sebuah PC. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya macOS hanya dapat diinstall di hardware yang mendukung. Tidak seperti Windows dan Linux, macOS tidak bisa diinstall di sembarang hardware. Jadi sebelum anda mencoba menginstall macOS di PC, pastikan hardware anda sudah mendukung. Salah satu solusi yang paling mudah adalah dengan menginstall macOS di Proxmox. Pada dasarnya macOS bisa dengan mudah diinstall di Proxmox. Anda bisa menggunakan prosesor AMD, ataupun Intel.

Di artikel kali ini, kita akan menginstall macOS Monterey di Proxmox. Ya, kita akan menginstall macOS sebagai virtual machine. Namun jangan pandang sebelah mata. Meskipun virtual machine, dengan sedikit trik kita bisa melakukan GPU passthrough yang akan membuat macOS virtual machine kita ngacir dan memiliki performa grafis yang ciamik. Untuk mendapatkan performa yang bagus, kita harus memiliki VGA card yang mendukung Hackintosh. Misalnya, AMD RX570, RX580, RX6600, RX 6800, dan lainnya. Hackintosh tidak mendukung nVidia (terutama versi mac terbaru).

Langkah Install macOS Monterey Hackintosh di Proxmox

Langkah 1. Install Proxmox dan GPU Passthrough

Saya asumsikan anda sudah memiliki Proxmox terinstall di server atau PC anda. Saya tidak menjelaskan proses instalasi Proxmox di artikel ini. Selanjutnya, pastikan fitur GPU Passthrough sudah aktif di Proxmox. Bila belum, silahkan kunjungi artikel sebelumnya mengenai cara aktivasi GPU Passthrough di Proxmox berikut ini.

Cara aktivasi GPU Passthrough di Proxmox

Atau bisa juga anda tonton video saya yang ini

Langkah 2. Download macOS Monterey Installer

Jika anda belum memiliki macOS installer, silahkan anda ikut tutorial berikut ini untuk membuat macOS Monterey installer untuk Proxmox.

Membuat macOS Monterey Installer menggunakan Ubuntu Linux

Upload file installer (.img) tersebut ke Proxmox.

Langkah 3. Download OpenCore ISO untuk Proxmox

Terima kasih buat Thenickdude yang sudah membuat OpenCore boot loader untuk Proxmox berikut ini. Silahkan download, ekstrak, dan upload ke Proxmox.

https://github.com/thenickdude/KVM-Opencore/releases/download/v19/OpenCore-v19.iso.gz

Langkah 3. Membuat macOS Monterey Virtual Machine

Jadi sekarang kita sudah memiliki macOS Monterey installer format .img dan juga OpenCore ISO di Proxmox kita. Kita akan lanjut membuat sebuah virtual machine baru. Ikuti langkah berikut ini untuk membuat sebuah virtual machine baru untuk macOS Monterey.

Selanjutnya kita akan mengedit file konfigurasi untuk VM kita yang baru saja kita buat. Dalam contoh ini, VM ID saya adalah 107. Silahkan sesuaikan dengan ID anda.

Edit file konfigurasi VM anda yang ada di /etc/pve/qemu-server/. Kemudian cari media=cdrom di bagian ide0 dan ide2. Ganti menjadi cache=unsafe seperti di dalam video diatas. Kemudian tambahkan args dengan copy paste dibawah ini

args: -device isa-applesmc,osk="ourhardworkbythesewordsguardedpleasedontsteal(c)AppleComputerInc" -smbios type=2 -device usb-kbd,bus=ehci.0,port=2 -device usb-mouse,bus=ehci.0,port=3 -global ICH9-LPC.acpi-pci-hotplug-with-bridge-support=off

Apabila anda menggunakan Intel prosessor, tambahkan baris ini di ujung args

-cpu host,kvm=on,vendor=GenuineIntel,+kvm_pv_unhalt,+kvm_pv_eoi,+hypervisor,+invtsc

Kalau prosesor anda AMD, tambahkan baris berikut

-cpu Penryn,kvm=on,vendor=GenuineIntel,+kvm_pv_unhalt,+kvm_pv_eoi,+hypervisor,+invtsc,+pcid,+ssse3,+sse4.2,+popcnt,+avx,+avx2,+aes,+fma,+fma4,+bmi1,+bmi2,+xsave,+xsaveopt,+rdrand,check

Pastikan baris args tersebut ditulis sebagai satu baris code. Bukan dua atau tiga baris yang berbeda.

Selanjutnya tutup dan simpan file konfigurasi virtual machine anda. Terakhir, kita perlu menjalankan perintah berikut di Terminal Proxmox host.

echo "options kvm ignore_msrs=Y" >> /etc/modprobe.d/kvm.conf && update-initramfs -k all -u

Langkah 4. Format Disk

Sekarang kita boot virtual machine yang baru saja kita buat. Seharusnya anda melihat menu OpenCore seperti dibawah ini:

Pilih macOS Base System dan tekan Enter. Selanjutnya format hard disk kita. Silahkan simak video berikut ini untuk langkah-langkah format hard disk untuk Hackintosh.

Sampai disini kita sudah berhasil memformat hard disk kita.

Langkah 5. Install macOS Monterey

Sekarang kita akan install macOS Monterey. Silahkan simak video berikut ini.

Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama karena harus mengunduh banyak file dari internet. Dalam proses instalasi ini, installer akan melakukan restart beberapa kali.

Sampai tahap ini, kita sudah selesai menginstall macOS Monterey di Proxmox. Untuk saat ini, kita hanya bisa mengakses macOS melalui Proxmox console, atau menggunakan VNC.

Langkah 6. Konfigurasi GPU Passthrough

Kalau kita memiliki graphic card yang support Hackintosh terpasang di server proxmox, kita dapat menjalankan macOS dalam mode passthrough. Nantinya kita bisa menampilkan macOS ini ke monitor yang terhubung ke Proxmox kita. Dengan cara ini, kita bisa mendapatkan performa macOS yang near-native, alias mendekati performa apabila terinstall secara langsung ke PC.

Untuk dapat menggunakan fitur GPU Passthrough ini, kita harus mengaktifkan PCI-E Passthrough terlebih dahulu. Silahkan simak video dibawah ini untuk setting GPU passthrough di Proxmox.

Selanjutnya aktifkan GPU Passthrough di macOS VM yang barusan kita install. Caranya:

Sekarang, kita jalankan kembali macOS VM dan seperti kita lihat di foto berikut ini, saya bisa menjalankan macOS dengan monitor eksternal.

Langkah 7. Copy EFI folder ke Hard disk macOS

Setelah semua proses instalasi dan GPU passthrough selesai, kita perlu mengcopy EFI folder (OpenCore) boot loader. Caranya, simak video berikut ini. Daripada saya tulis, lebih baik kita lihat video singkat berikut ini. Pertama download terlebih dahulu Clover Configurator dari link dibawah ini. Fungsi dari program ini adalah untuk mount partisi EFI di macOS.

Setelah kita copy folder EFI tersebut, kita bisa hapus OpenCore ISO yang kita gunakan pada waktu proses instalasi.

Langkah 8. Generate SMBIOS

Sekarang kita perlu untuk membuat atau generate SMBIOS untuk macOS kita. Caranya, download genSMBIOS script dari link dibawah ini.

https://github.com/corpnewt/GenSMBIOS

Untuk dapat menjalankan script tersebut, kita perlu menginstall Python di macOS kita. Silahkan download dan install versi terbaru Python dari link dibawah ini

https://www.python.org/downloads/

Selesai menginstall Python, kita jalankan GenSMBIOS. Buka Terminal dan masuk ke folder GenSMBIOS yang sudah kita download.

Sampai disini, kita sudah selesai install macOS Monterey di Proxmox. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba merasakan macOS Monterey.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.