Wed. Feb 1st, 2023

Di artikel Hackintosh kali ini, kita akan membuat macOS Monterey ISO installer yang dapat kita gunakan di Proxmox. Jadi kalau anda ingin mencoba install macOS di Proxmox, maka salah satu langkah yang harus kita lakukan adalah membuat installer yang bisa digunakan di Proxmox. Ada beberapa cara untuk membuat macOS installer ini. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Ubuntu, dan juga bisa menggunakan Mac. Nah disini, saya akan jelaskan proses membuat macOS Monterey Installer di Ubuntu 22.04.

Langkah Membuat macOS Monterey Installer Untuk Proxmox

Langkah 1. Install Software yang diperlukan

Buka Terminal dan jalankan perintah berikut ini

sudo apt install qemu-utils make

Langkah 2. Download OSX-KVM

Pertama kita perlu mengunduh script yang akan kita gunakan untuk mengunduh macOS Monterey di Linux. Silahkan download OSX-KVM dari link berikut ini.

https://github.com/thenickdude/OSX-KVM

Selanjutnya ekstrak file zip yang sudah di download. Dan anda akan mendapatkan sebuah folder dengan nama: OSX-KVM-master. Sekarang klik kanan di dalam folder tersebut dan pilih Open in Terminal.

Selanjutnya jalankan perintah ini:

cd scripts/Monterey
make Monterey-recovery.img

Perintah tersebut akan mendownload file recovery dari server Apple. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Pastikan koneksi kita lancar karena kita akan mengunduh sebesar 624 MB dari internet.

Sekarang kita memiliki sebuah file dengan nama Monterey-recovery.img di dalam folder OSX-KVM-master/scripts/monterey. Silahkan upload file img ini ke Proxmox. Meskipun bukan ISO, Proxmox bisa membaca file .img ini sama seperti ISO.

Demikian tadi cara membuat macOS Monterey installer untuk Proxmox. Selanjutnya kita akan menginstall macOS Monterey di Proxmox. Simak terus kelanjutannya di website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.