Wed. Feb 1st, 2023
pool di truenas scale

Setelah menginstall TrueNAS SCALE, langkah berikutnya adalah membuat Pool. Secara singkat, Pool merupakan sebuah istilah sistem penyimpanan di TrueNAS SCALE. Sebuah Pool bisa berisikan satu atau lebih hard disk. Semakin banyak hard disk yang digunakan untuk menyusun Pool ini, akan meningkatkan redundancy dari Pool tersebut. Sehingga secara teori, keamanan data anda akan jauh lebih baik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pool ini, silahkan kunjungi website TrueNAS.

Langkah Membuat Pool di TrueNAS SCALE

Untuk membuat sebuah Pool baru, kita perlu menambahkan hard disk ke TrueNAS SCALE. Dalam contoh ini, saya memiliki 2 buah hard disk berukuran 20 GB. Kita akan membuat sebuah Pool dengan nama Pool02 yang beranggotakan 2 buah hard disk tersebut.

Di video tersebut kita bisa melihat bagaimana cara membuat sebuah Pool dengan mode MIRROR. Mode ini sangat direkomendasikan. Jika kemudian ada salah satu hard disk yang error/gagal, maka kita masih bisa mengembalikan data kita secara utuh.

Demikian tadi tutorial singkat untuk membuat sebuah Pool baru di TrueNAS SCALE. Mudah-mudahan bermanfaat bagi rekan-rekan yang ingin mulai menggunakan TrueNAS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.