Tue. Jan 31st, 2023

PostGIS merupakan sebuah solusi bagi kita yang ingin menyimpan data spasial ke dalam RDBMS seperti PostgreSQL. Dengan PostGIS ini, data-data kita akan tersimpan di satu lokasi sentral sehingga lebih memudahkan kita untuk mengelolanya. Di artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara koneksi QGIS ke PostGIS dan juga cara export data spasial ke PostGIS. Sebelum kita dapat menggunakan PostGIS, pastikan kita sudah menginstall PostGIS tersebut di komputer atau server kita. Silahkan kunjungi tutorial berikut ini untuk menginstall PostGIS:

Cara Koneksi ke PostGIS dari QGIS

Setelah PostGIS terinstall dan berjalan semestinya, kita akan coba koneksikan QGIS ke PostGIS. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka QGIS
  2. Klik kanan PostgreSQL dari panel Browser. Pilih PostgreSQL
  3. Beri nama koneksi agar memudahkan kita
  4. Masukkan informasi server PostgreSQL kita yang meliputi: host (bisa pakai IP address), database (nama database), username dan password untuk login ke PostgreSQL server.
  5. Tekan OK

Cara Export Data Spasial ke PostGIS di QGIS

Setelah kita terhubung ke PostGIS, kita bisa upload atau ekspor data spasial kita ke database. Caranya, buka tool dengan nama Export to PostgreSQL. Kemudian masukkan informasi layer atau file yang akan kita upload. Kita bisa upload points, line dan juga polygon.

Demikian tutorial singkat QGIS kali ini. Terima kasih semoga bermanfaat.

Informasi lengkap mengenai PostGIS, silahkan kunjungi website resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.