Tue. Jan 31st, 2023
install wsl di windows 11

Windows Subsystem for Linux atau yang biasa disebut WSL memungkinkan developer untuk menjalankan GNU/Linux environment di Windows. Jika kita sering menggunakan command line di Linux namun masih tetap ingin menggunakan Windows, maka WSL ini bisa jadi solusi. Kita tidak perlu menginstall Linux secara terpisah menggunakan virtual machine tradisional seperti VMware Workstation dan Virtualbox. Cukup dengan menginstall WSL, kita dapat menjalankan Linux secara langsung di Windows 11.

Di artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara install WSL di Windows 11. Namun sebelum kita install, ada baiknya kita tahu apa keuntungan kita menginstall WSL ini di Windows 11. Dengan WSL, kita dapat melakukan hal berikut ini di Windows 11

  • Memilih beberapa distribusi Linux yang support WSL
  • Dapat menjalankan perintah/command line yang umum di gunakan di Linux secara langsung di Windows 11 Terminal.
  • Menjalankan Bash shell script dan command-line applications seperti MySQL, NodeJS, Python dan masih banyak lagi
  • Mengintegrasikan GNU/Linux graphical applications secara langsung ke Windows 11 desktop
  • Mengunakan GPU acceleration untuk machine learning dan keperluan graphical lainnya.

Cara Install WSL di Windows 11

Secara default, ketika kita menjalankan perintah install berikut ini, maka kita akan otomatis mendapatkan WSL2 (versi terbaru). Caranya buka Windows Power Shell dari Windows 11 Start Menu. Kemudian jalankan perintah berikut ini

wsl --install

Tunggu sampai proses selesai.

Dalam contoh diatas, Ubuntu akan otomatis terinstall karena Ubuntu merupakan default Linux distribution yang digunakan di WSL. Selanjutnya reboot atau restart Windows 11. Setelah reboot, kita perlu membuat sebuah user dan password untuk Ubuntu WSL kita.

Untuk mengetahui distribusi apa saja yang terinstall di wsl kita, gunakan perintah berikut ini di Windows PowerShell

wsl --list

Output:

Bagaimana Cara Menggunakan WSL

Untuk memudahkan pengoperasian WSL, saya sarankan untuk menginstall Terminal di Windows 11. Caranya buka Store dan cari Windows Terminal.

Sekarang kita akan coba untuk menjalankan beberapa perintah di Linux subsystem yang baru saja kita install di Windows 11. Buka Windows Terminal dan jalankan perintah wsl berikut ini.

Demikian tadi proses instalasi Windows Subsystem for Linux. Stay tune di blog ini untuk mendapatkan update seputar WSL. Semoga bermanfaat. Untuk informasi lebih lanjut tentang WSL, silahkan kunjungi official website WSL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.