Tue. Feb 27th, 2024

Google Chromebook Flex merupakan sebuah operating system berbasis cloud yang dikembangkan oleh Google. Dengan OS ini, laptop jadul kita bisa memiliki kehidupan baru tanpa harus pusing dengan update dan berbagai kendala yang biasa dirasakan pengguna Windows. ChromeOS Flex ini sangat ringan dan aman. Meski laptop atau PC jadul, kalian bisa mendapatkan performa yang kenceng dengan menginstall OS ini. Di artikel ini, kita akan bahas bagaimana cara membuat USB installer untuk ChromeOS Flex.

Langkah Membuat ChromeOS Flex USB Installer

Kita perlu satu buah flash disk berukuran minimal 4 GB, sebuah Windows PC, Mac, atau bisa juga menggunakan Linux. Saya akan jelaskan ketiga nya sesaat lagi.

Pengguna Windows

Bagi kalian pengguna Windows 10 atau Windows 11, silahkan buka Google Chrome. Saran saya jangan menggunakan Microsoft Edge karena pengalaman saya, selalu ada error atau gagal melakukan write ke flash disk kita. Silahkan download Google Chrome dari link berikut ini.

Google Chrome – Download the Fast, Secure Browser from Google

Selanjutnya install Chromebook Recovery Utility. Ini merupakan ekstensi Google Chrome. Download dari link dibawah ini.

https://chrome.google.com/webstore/detail/chromebook-recovery-utili/pocpnlppkickgojjlmhdmidojbmbodfm?hl=en

Masukkan USB flash disk ke port laptop atau PC, kemudian jalankan Chromebook Recovery Tool ini dan ikuti langkah berikut ini.

Tunggu sampai proses selesai. Setelah selesai, boot PC atau laptop kalian menggunakan USB flash disk ini dan ikuti proses instalasi sampai selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.